MANAJEMEN KOPERASI : MEMAHAMI IDIOLOGI DASAR KOPERASI

Manajemen koperasi kali ini saya tekankan kepada bagaiamana memahami idiologi dasar koperasi Indonesia. persoalan ini seringkali di kesampingkan padahal faktor idiologi menjadi syarat mutlak pengembangan sebuah sistem ekonomi. Tidak perlu rimut memahami bagaimana sebuah basic think koperasi bekerja kita buat se sederhana kita memahami bahwa kapitalis itu mementingkan kentungan dan kekuasaan ditangan kapital. Bagaimana dengan koperasi?

Anda bisa melihat sekilas posting saya tentang idiologi koperasi , agak rumit disana, tetapi coba kita pahami konteks dasar koperasi dengan analogi yang paling dekat dengan kita. Koperasi dikatakan sebgai kontra failing power artinya secara sederhanya sebagai kekuatan pengimbang kapitalisme, caranya? Kita tau dalam sistem ekonomi pasar semakin besar jumlah yang kita belanjakan akan semakin banyak potongan harga yang kita peroleh, pada kondisi seperti ini bagi pemilik kapital atau modal akan sangat menguntungkan sedangkan bagi yang tidak mempunyai cukup kapital atau modal akan memperoleh harga yang tinggi. Dalam upaya menaikan posisi tawar ekonomi dan meningkatkan skala ekonomi rakyat inilah koperasi dibutuhkan.

Dalam manajemen koperasi memahami bahwa koperasi itu kekuatan utamanya adalah kebutuhan bersama dalam konteks ekonomi, sukarea dan terbuka serta partisipasi total dari anggota. Logikanya ketika angota merasakan manfaat ekonomi dri koperasi maka member base economic akan berjalan.

Tags: Koperasi, Makalah Koperasi, Manajemen koperasi

About Author :

MANAJEMEN KOPERASI : MEMAHAMI IDIOLOGI DASAR KOPERASI ditulis oleh seorang penggemar dan penghoby buku sekligus blogger.

1 comments:

 
karyaku © 2013 GUSBUD. Powered by Blogger