MEMBUAT SITEMAP UNTUK BLOG

Sitemap Untuk Blogger dan Wordpress

Memasang sitemap untuk blog mempunyai arti penting dalam SEO agar blog kita google friendly. memasang sitemap pada blogger mudah dilakukan tinggal masuk google webmaster add sitemap terus tulis sitemap.xml , beres bagaimana untuk wordpress. kebetulan saya punya blog wordpress juga disamping blog gusbud.web.id ini.

Pertama, kalian download dlu Plugins buat bikin XML-nya. Setelah kalian download, kalian masuk ke Dashboard WP kalian kemudian pada bagian Plugins (sebelah kiri) klik pilihan Add New. Kemudian pada lembar yang terbuka kalian browse file yang tadi sudah kalian download kemudian pilih Install. Tunggu beberapa saat, kemudian setelah selesai, kalian masuk ke pilihan Installed (masih dalam menu Plugins pada sebelah kiri). Lihat pada list yang ada, apakah ada Google XML Sitemap. Bila ada, klik tulisan Activate pada sebelah kanan tulisan tersebut.

Kedua, setelah muncul tulisan Activated, lihat pada menu sebelah kiri, cari tulisan XML-Sitemap kemudian Klik. Pada halaman yang akan terbuka, akan muncul pilihan yaitu membuat secara otomatis atau manual. Coba dulu membuat secara otomatis. Bila gagal, coba yang manual. Caranya, :

  • Buat file sitemap.xml dan sitemap.xml.gz pada komputer kalian. Caranya, kalian tinggal membuat file text, kemudian simpan dalam format .xml dan .xml.gz . Tidak perlu di isi file tersebut.
  • Upload file tersebut ke directori WP kalian di web dengan menggunakan FileManager (bila berbasis web) atau,dalam hal ini saya rekomendasikan, FileZilla (bila ingin menggunakan FTP).
  • Atur file permission dari kedua file tersebut menjadi 777 (hal ini bertujuan agar file XML dapat di tulis oleh XML generator. Secara default, akan berisi 644).
  • Pada halaman XML-Sitemap di dashboard anda, akan diminta untuk memasukkan alamat sitemap.xml yang sudah kalian upload (pada bagian bawah). Isi dengan alamat dari file xml yang tadi sudah kalian upload.

Ketiga, kalian buat link yang menuju ke file XML tersebut. Sehingga file tersebut dapat di akses oleh pembaca. Sebagai contoh, Klik disini untuk melihat sitemap saya.

Silahkan kunjungi posting saya yang lain, tentang mengatasi kotak komentar yang hilang di blogger dan daftar blog do follow

Sumber : M.Rasyid

About Author :

MEMBUAT SITEMAP UNTUK BLOG ditulis oleh seorang penggemar dan penghoby buku sekligus blogger.

5 comments:

  1. bagus juga, masukannya. ntar kucoba. tapi masih make tmplate dasar banget dari blogspot ya. postingan komentarnya masih ngebuka windows baru.

    wa juga baru buat yg baru nih:

    waroengcoffee.com

    atau yang dah lama

    gunturku.com

    semuanya dah di index ama google search

    BalasHapus
  2. gile ngaih komentar aja ribet banget, masa harus login dulu ke google

    BalasHapus
  3. nah udah gue perbaikin tuuur, comentnya

    BalasHapus
  4. wah gara-gara utak-atik sitemaps malah yg tadinya keindex google, berhubung rakus, eh setelah edit sana-sini malah lenyap gag ada yang nongol hihi

    BalasHapus
  5. ati2 sitemap sangat berengaruh pada indexing google saya baru dapat trik lain untuk nambah sitemaps supaya indexing sitemap naik. belm ada waktu untuk posting

    BalasHapus

 
karyaku © 2013 GUSBUD. Powered by Blogger