HARUSKAH NYEPAM?

Spam menjadi kata yang minor di kalangan blogger dan ironisnya Indonesia terkenal dengan predikat tersebut, saya tidak mempunyai bukti nyata memang tetapi banyaknya spammer yang berasal dari negara kita tercinta ini  yang saya temui selama membagun backlink blog peluang usaha ini menunjukan betapa "pandai" kita mencari celah menyisipkan backlik.


spam
Jujur kadang tergoda juga melakukan praktek yang sebagain orang atau bahkan banyak orang dianggap buruk ini tetapi saya mencoba melihat kebutuhan jangka panjang. Bukti betapa spam merajale adalah fenomen plug in anti spam yang begitu laris, sayang meskipun saat ini blogger sudah mempunyai fitu anti spam tapi belum se hebat plugin wp misalnya so harus manual deh. Kenapa saya menulis posting ini, karena agak capek juga bersaing dengan spammer:) Seperti hari ini ketika mengecek blog Blog "Bahasa inggris" saya, betapa kaget ketika sebuah keyword unggulan hilang dari ring satu melorot jadi penghuni kelas 2, usut punya usut ternyata blog ane tergusur oleh blog baru yang sebelumnya samasekali tidak pernah muncul kepermukaan, risetpun dimulai dan keterkejutan saya bertambah karena ternyat blog yang sama mendesak ke ring 1 pencarian google untuk beberapa keyword yang lain, bener2 hebat nih orang, agak lama saya berdecak kagum sampai penyelidikan saya menemukan kenyataan bahwa ternyata blog hebat itu menebar link dengan membabibuta sebagian besar melalui comentting, luar biasa banyaknya.

Saya akui bahwa tindakan kurang "terpuji" ini juga pernah saya lakukan tetapi seinggat saya tidak separah yang saya lihat, dalam 1 commet bisa puluhan backlink ditanam. Mungkin saat ini saya akan lebih berusaha untuk tidak menjadi spammer meskipun, karena saya tahu betapa kecewanya seorang blogger ketika harus "kalah" dengan spammer, tetapi pertanyaan menggoda selalu saja berputar dikepala, haruskah menjadi spammer untuk bisa "menang:" atau sejauh mana kita boleh nyepam?

About Author :

HARUSKAH NYEPAM? ditulis oleh seorang penggemar dan penghoby buku sekligus blogger.

7 comments:

  1. sebenarnya bukan hanya mas gusbud yg mengalami seperti ini. Saya juga demikian. Tapi sayangnya saya ga kuat imannya, jadi terpengaruh juga ikutin jejak mereka heheh. Mungkin klo ada cewek bugil di depan saya, bisa tahan ga yah,hihiih...

    sowry nunggu para master ngasih pendapat dulu,

    BalasHapus
  2. Wah kalau para master sibuk dengan spamm, tapi kalau blog ku malah pengen banyak yang komentar, kalau nofollow kayak blogspot (isi di postingan) apa juga berakibat buruk di search engine?

    BalasHapus
  3. Idem sama yg di atas :D

    Jujur sekarang ini nyepam udah jaraaang banget saya :)

    ya emang sulit sih mas, sepanjang dengan nyepam itu banyak yg merasa terbantu baik serp maupun trafik maka spammer gak bakal ilang. Dan haruskah kita berdiam diri melihat blog kt kalah posisi cm gara2 kurang nyepam.. Loh?? ko jadi bela spammer yah hehe..

    Maaf mas saya jg nunggu pencerahan dari master lain saja Kopitozie dll.

    BalasHapus
  4. Ha2 bang panca nieh ada2 aja. iye2 kadang2 kepikirian jug ngikutin gitu mas:)makasih pendapatnya mas:)

    BalasHapus
  5. @warung online blogspot juga bisa disetting do follow tapi klo setting commentnya nofollow gak berpengaruh deh kecuali kepada loading page saja
    @Rizkythea ya itu makanya mas rizky masak kita kalah sama spammer he2 cuman kok rasanya gak sreg gitu ya, tapi klo kepepet kayaknya saya juga bakal nyepam juga deh2 he2 semoga tidak

    BalasHapus
  6. mau nanya itu sahabatsejati.com punya sapa? nyepammnya minta ampun :D

    #sambil lirik : Kopitozi n Abi Bakar

    BalasHapus
  7. eh iya tuh gan panca, meroket banget tuh yang satu itu, kang abi ama bang tozie kali tau tuh:) he2

    BalasHapus

 
karyaku © 2013 GUSBUD. Powered by Blogger