JALIN MERAPI: PUSAT DATA MERAPI TERKINI UPDATE HARIAN

Jalin merapi menjadi satu diatara banyak web penyedia informasi yang melejit seiring dengan bencana letusan gunung merapi. Berita merapi terkini disajikan cukup lengkap oleh web yang dikelola oleh combine ini.

Alamat web jalin merapi, merapi.combine.or.id ini menjadi cukup terkenal setelah bencana meletusnya gunung merapi meletus di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 26 Oktober 2010 lalu. Situs ini banyak dikunjungi pihak2 yang ingin mengetahui mengenai kondisi terkini merapi. Jalin merapi menyediakan data cukup lengkap terkait kondisi keluarga di wilayah sekitar bencana, atau lokasi pengungsian, serta distribusi dan alokasi bantuan untuk korban bencana merapi.

Jalin merapi yang merupakan singakatan dari Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi)selain digunakan untuk mengupdate berita terbaru gunung merapi juga digunakan oleh relawan dan pengunjung untuk saling bertukar informasi baik melalui blog, SMS, Facebook ataupun Twitter. jalin merapi juga menghadirkan streaming pemantauan Merapi yang berasal dari radio komunikasi di Pos Pemantauan Balerante melalui frekuensi 149.070. Seluruh informasi yang terdapat di situs ini dikelola oleh jaringan kerja relawan yang bekerja setiap hari selama 24 jam. Jadi dapat dipastikan informasi tersebut cukup akurat karena di-update secara realtime.

Informasi mengenai kebutuhan bantuan yang diperlukan oleh korban bencana pun cukup update. Pasalnya para relawan yang masuk dalam jaringan Jalin Merapi selalu memberikan informasi mengenai kebutuhan lokasi pengungsian yang dirasa masih kurang. Dengan penyebaran informasi ini, diharapkan, bantuan terhadap korban bencana tidak menumpuk di satu lokasi, tapi merata di seluruh wilayah bencana Merapi terjadi.

About Author :

JALIN MERAPI: PUSAT DATA MERAPI TERKINI UPDATE HARIAN ditulis oleh seorang penggemar dan penghoby buku sekligus blogger.

0 comments:

Posting Komentar

 
karyaku © 2013 GUSBUD. Powered by Blogger