JADWAL KERETA PRAMEKS SETELAH KENAIKAN TARIF
Jadwal kereta pramek diatas memanag cukup berpengaruh terhadap ritme kerja apalagi bagi yang rutin menggunakan jasa si kuning ini. Perubahan jadwal kereta pramex dan juga kenaikan harga jasa angkutan masal ini konon dilakukan karen alasan kerugian yang diderita pramex. Menurut kepala daop jogja seperti dilansir jogjatv pramek mengalami kerugian sekitar Rp. 7 juta setiap pemberangkatan, sebuah angka yang tidak kecil.
Solo pos edisi 11 Januari 2010 melaporkan bahwa penumpang pramex pada tahun 2009 naik menjadi 2.697.564 artinya jika harga tiket Rp.7000 ( 17 Agustus 2009 naik jadi Rp.8000) saja Rp 18,882,948,000 atau Rp. 51,734,104 / hari diperoleh Pt kai, nah sekarang berapa bi. ops pramex sebenarnya? berarti sekitar Rp. 58,734,104 / hari bukan?, Besar juga.
Menurut perhitungan PT KAI DAOP VI kerugian kereta pramex di perkirakan sebagai berikut
Tarif Load factor Keterangan
Rp 8.000 100% Merugi
Rp 8.638 100% Break even point
Rp 8.638 lebih dari 100% Untung
Load factor rata-rata
Hari biasa 80%
Hari libur Maksimal 112%
Sebagai pengguna harian jadwal kereta solo dan area jogja serta kenaikan tarif jelas sangat berpengaruh, Dengan 24 hari kerja sebulan maka biaya harian yang harus saya keluarkan tiket plus parkir Rp.20.500/ hari dikali 24 berarti Rp.492.000/ bulan. Saya membayangkan jika PNS Gol III a dengan gaji Rp 1.655.800 seperti yang saya posting dalam standar gaji PNS , biaya transportasi ini akan menggerus pendapatan cukup significan apalagi klo gajinya cuman UMP saja, jadi wajar jika ada penolakan.
Saya tidak sedang mengeluh tentang jadwal kereta api prameks jogja solo baru ini, hanya saja memang beberapa poin penting tentang alasan kenaikan tarif ini masih samar-samar. Memang pihak Daop VI bersedia memfasilitasi jika komunitas pengelajo menuntut transparansi biaya operasional, kalau memang benar Biaya yang harus ditanggung pramex lebih mencapai Rp. 58,734,104 / hari berarti wajarlah kenaikan itu. Jika boleh sedikit berfikir kritis jangan sampai kenaikan ini dikarenakan kerusakan salah satu motor diesel yang konon mencapai 600 juta, lha bukanya itu bukan tanggung jawab pelanggan.
Jadwal diatas patokanya Jadwal kereta stasiun tugu bukan jadwal kereta api lempuyangan sedangkan jadwal kereta ke jogja dari purwosari bukan jadwal kereta api solo balapan ya, semoga bisa menyesuaikan jadwal kereta api pramek yang baru.
Diakaui atau tidak keberadaan kereta yang 1 ini memang sangat membantu, kedepan pengembangan jaringan kota satelit antar jogja-solo dan kota2 sekitar seperti semarang akan sangat membutuhkan sarana transportasi yang memadai, memang benar butuh penyesuaian terhadap jadwal kereta api prameks yang belum lama di launching tapi, it,s ok lah:) Kunjungi juga posting terbaru kami tentang jadwal liga champion, kata mutiara motivasi dan jadwal motogp 2010 .
Tags: jadwal kereta jogja, jadwal kereta api jogja, jadwal kereta pramek, jadwal kereta prameks, jadwal kereta solo, jadwal kereta pramex, jadwal kereta stasiun tugu, jadwal kereta ke jogja, jadwal kereta api lempuyangan, jadwal kereta api pramek, jadwal kereta api prameks, jadwal kereta api yogya, info jadwal kereta api, jadwal kereta api online, jadwal kereta api pramex, jadwal kereta api bisnis, jadwal kereta api stasiun tugu, jadwal kereta api ke solo, jadwal kereta prameks jogja solo, jadwal kereta api solo, jadwal tiket kereta api, jadwal tarif kereta api, jadwal kereta api prameks jogja solo, jadwal kereta api terbaru, jadwal kereta api solo balapan, jadwal dan tarif kereta, jadwal kereta pramex
Pertamaxxxxx.... iya ga sihhh???
BalasHapusBelom sempet naik ini kereta kok udah naik sih tarifnya... hahahaha
Berbahagialah yang gak harus naik kereta setiap hari kang widi
BalasHapus